Follow detikFinance
Jumat, 29 Jun 2018 14:25 WIB

Wisatawan Terdampak Gunung Agung akan Dapat Layanan Gratis Ini

Hendra Kusuma - detikFinance
Menpar Arief YahyaFoto: Ahmad Masaul Khoiri Menpar Arief YahyaFoto: Ahmad Masaul Khoiri
Jakarta - Menurut Kementerian Pariwisata (Kemenpar) aktivitas vulkanis Gunung Agung di Bali telah berdampak pada 40.000 wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, bagi wisatawan yang terkena dampak terutama yang ingin meninggalkan Bali akan diberikan berbagai fasilitas layanan mulai dari gratis menginap di hotel dan potongan harga.

"Untuk hotel seperti dulu, pada hari H ditutup. Apabila sudah habis dan dia masih stay di situ, stay saja. Kalau dia sudah habis mau pulang, digratiskan satu hari," kata Arief di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (29/6/2018).


Bagi wisatawan yang masih menginap di hari berikutnya, kata Arief akan mendapatkan harga penginapan yang spesial, yakni potongan harga 40-50% dari harga yang berlaku.

"Untuk hari-hari berikutnya diberikan diskon sesuai pada harga saat itu tapi kesepakatan umum, diskonnya 40-50%. Hari pertama hari ini gratis," jelas dia.


Tidak hanya itu, lanjut Arief, pemerintah juga memberikan layanan antar dari hotel menuju Pelabuhan Padang Bay maupun ke Bandara Djuanda, Surabaya bagi wisatawan yang ingin tetap meninggalkan Bali.

"Semuanya gratis," jelas dia.

Arief menambahkan layanan penginapan gratis dan potongan harga penginapan bisa dilihat langsung dari website masing-masing hotel yang berada di Bali.


"Kita harus jujur ke wisman, kita umumkan yang darksite itu website yang kita tutup kecuali terjadi, asosiasi hotel begitu kejadian dia mengeluarkan dapat diskon 100%, hari kedua kasih best price, itu namanya darksite dibuka hanya kejadian," terang Arief. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed