Soal Investasi China di RI, Luhut: Duit Itu Nggak Ada Tuhannya

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 20 Jul 2018 16:49 WIB
Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan memastikan tak ada yang ganjal dengan investasi China di Indonesia. Menurutnya, negara manapun yang berinvestasi di Indonesia, tujuannya dipastikan tak lari dari keuntungan bagi rakyat Indonesia.

"Nggak ada yang aneh itu. Kita menurut saya bego. Pak CT (Chairul Tanjung) itu bilang sama saya, Pak Luhut, duit yang paling murah itu dari Tiongkok, Pak. Beliau yang bilang sama saya. Kita kok ribut-ribut," katanya di markas detikcom, Jumat (20/7/2018).

"Tapi duit itu kan nggak ada Tuhannya, nggak ada negaranya. Di mana dia bisa berdagang dengan baik, nah itu yang kita proteksi. Asal jangan sampai kita bikin perjanjian yang merugikan dengan Tiongkok. Itu saja. Amerika saja ambil dari Tiongkok," tambahnya.


Saksikan juga video 'Cara Pemerintah Manfaatkan Perang Dagang AS-China':

[Gambas:Video 20detik]



Indonesia bahkan mengintip peluang dari China dengan adanya perang dagang yang terjadi antara negara tirai bambu itu dengan Amerika Serikat. Hal tersebut diproyeksi bisa menguntungkan Indonesia lewat ekspor kelapa sawit.

"Kita lihat ada peluang. Peluangnya, kita ekspor kelapa sawit banyak ke sana. Kalau kelapa sawit dari kita dibeli, harganya naik, 44% petani-petani kecil kita menikmati karena China membeli," katanya.

Soal Investasi China di RI, Luhut: Duit Itu Nggak Ada Tuhannya
(eds/ang)