Follow detikFinance
Rabu, 15 Agu 2018 22:21 WIB

Janji Pengusaha: Bawa Pulang Devisa Hasil Ekspor 100%

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pengusaha, khususnya eksportir, sepakat untuk membawa 100% devisa hasil ekspor (DHE) kembali ke dalam negeri. Tujuannya untuk menguatkan dan menjaga stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

"Jadi buat kami, kita sepakat teman teman pelaku usaha kita usahakan sampai 100% bawa dana hasil ekspor kita," kata Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani di The Westin, Jakarta Selatan, Rabu (15/8/2018).


Meski rata-rata DHE yang dibawa ke dalam negeri oleh eksportir baru 80-81%, namun menurut Rosan sebetulnya sudah ada pengusaha yang membawa hingga 100%. Lalu sudah banyak juga yang telah dikonversi ke rupiah.

"Sebenarnya sudah banyak teman teman pengusaha kita membawa 100% dananya, namun rata-rata memang baru 15% yang ditukarkan ke rupiah, tetapi ada yang sudah 75%. Kalau yang baru cuma 15% ditukar ke rupiah, target kita paling nggak bisa naik ke 45%," lanjutnya.

Apa yang dilakukan pengusaha, lanjut Rosan berdasarkan kesadaran masing-masing. Pasalnya, Indonesia menganut sistem devisa bebas.


"Kita sadari bahwa kita menganut undang-undang devisa bebas sehingga apa yang kta lakukan, dunia usaha harus menyadari. Alhamdulillah Menko (Darmin Nasution), Menkeu (Sri Mulyani) sangat responsif dengan keluarkan kebijakan yang bisa menunjang kita melakukan kegiatan itu," tambahnya.

Untuk diketahui, hari ini menteri-menteri Ekonomi Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) kumpul bareng pengusaha membahas penguatan dan stabilitas rupiah.


Pantauan detikFinance, yang hadir dalam rapat Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan, serta Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi.

Sementara dari pengusaha, yang hadir di antaranya Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani, Aburizal Bakrie (Bakrie Group), Franciscus Welirang (Indofood), Garibaldi Thohir (Adaro), dan Hariyadi Sukamdani (Sahid Group).


Saksikan juga video ' Saat Menteri Pariwisata Samakan Indonesia dengan Penjual Pulsa ':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed