Follow detikFinance
Jumat, 24 Agu 2018 17:24 WIB

RI Diprediksi Masuk Daftar Negara Berpenghasilan Tinggi di 2040

Rina Atriana - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan Indonesia diprediksi akan menjadi negara berpenghasilan tinggi di 2040. Ini ditandai dengan penghasilan masyarakat rata-rata US$ 15.000 per tahun.

Selain itu, rata-rata pertumbuhan terbaik yang akan dicapai saat itu di kisaran 5,7%

"Kalau kami melihat sampai 2045 itu perkiraan tahunan, rata-rata per tahun dalam waktu sepanjang itu yang terbaik adalah 5,7%. Itu perkiraan terbaik. Tapi perkiraan base line kami 5,1%," kata Bambang usai rapat soal 'Proyeksi Penduduk 2015-2045' di Istana Wapres, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (24/8/2018).


"Dengan 5,7-5,1 tadi perkiraannya sekitar tahun 2040 kita sudah masuk ke negara yang berpendapatan tinggi, high income. Berpendapatan tinggi itu kalau tidak salah sekitar 15.000 dolar per kapita per tahun," jelasnya.

Menurut Bambang, pertumbuhan ekonomi juga berhubungan erat dengan pertumbuhan penduduk. Diprediksi di tahun 2045 Indonesia akan memiliki angkatan kerja lebih banyak dibanding kelompok usia lain.


"Artinya kalau kita bisa memanfaatkan bonus demografi kita akan bisa mengalami lompatan dalam pertumbuhan ekonomi. Karena kalau kita bicara output perekonomian itu yang berperan dua, capital dan labour," jelas Bambang.

"Kalau kita bisa memanfaatkan bonus demografi dalam pengertian jumlah penduduk produktifnya banyak, kualitasnya bagus produktivitas naik. Produktifitas naik, inilah yang membuat pertumbuhan ekonomi akan menjadi lebih berkelanjutan dan lebih tinggi," imbuhnya. (rna/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed