Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Sep 2018 15:42 WIB

Tiga Menko Jokowi Minta Tambah Anggaran Tahun Depan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance
Jakarta - Tiga Kementerian Koordinator (Kemenko) mengajukan penambahan anggaran tahun depan. Tiga Kemenko tersebut Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Politik, Hukum, dan HAM (Polhukam), dan Kemenko Kemaritiman.

Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian mengajukan tambahan anggaran sebesar Rp 68,51 miliar. Pagu anggaran untuk tahun 2019 sebesar Rp 414,16 miliar.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penambahan anggaran diperlukan salah satunya untuk pengembangan online single submission (OSS).

"Karena ada beberapa penugasan terutama satu OSS kami memerlukan tambahan anggaran. Tidak banyak yang kami usulkan mohon dukungan bapak ibu terhormat," kata Darmin di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Jakarta, Rabu (4/9/2018).


Sementara, Kemenko Polhukam mengajukan tambahan anggaran sebanyak Rp 60 miliar. Anggaran ini ditujukan untuk peningkatan koordinasi kerjasama Indonesia dengan kawasan Asia Pasifik Selatan terkait diplomasi masalah Papua.

Kemudian, Kemenko Kemaritiman mengajukan tambahan anggaran sebanyak Rp 8 miliar. Pagu anggaran tahun 2019 untuk kementerian di bawah pimpinan Luhut Binsar Pandjaitan ini sebesar Rp 262,1 miliar.


Tambahan anggaran ini diperlukan untuk kebutuhan belanja pegawai meliputi gaji, tunjangan, diklat pra jabatan, sarana dan prasarana kerja, serta kebutuhan perkantoran yang belum dialokasikan di anggaran yang ada.

Atas usulan tersebut, pimpinan rapat Ketua Banggar Aziz Syamsuddin mengatakan akan dibahas lebih lanjut."Pandangan bapak ibu akan dilanjutkan di Panja," ujarnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com