Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Okt 2018 15:07 WIB

Selain ke Pantoloan, Bantuan Gempa Diarahkan ke Pelabuhan Donggala

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. Ditjen Hubla Kemenhub Foto: Dok. Ditjen Hubla Kemenhub
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengarahkan kapal-kapal bantuan kemanusiaan masuk melalui Pelabuhan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Sebelumnya, kapal bantuan banyak masuk melalui Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulteng.

Langkah tersebut ditempuh agar bantuan kemanusiaan dari para donatur dan masyarakat dapat tersebar lebih luas. Terutama, menyasar ke wilayah yang belum mendapatkan bantuan kemanusiaan tersebut.


Demikian disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, R Agus H Purnomo saat melepas bantuan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dalam keterangan tertulis Kemenhub, Selasa (9/10/2018).

"Sebelumnya, kapal negara kenavigasian yaitu KN Merak dan KN Miang Besar juga telah sandar di Pelabuhan Donggala untuk menyampaikan bantuan kemanusiaan dan membuka jalur evakuasi melalui laut," kata Agus.


Agus menuturkan, ada 3 pelabuhan di Sulawesi Tengah yakni Pantoloan, Donggala dan Wani. Saat ini, hanya Pelabuhan Wani yang belum dapat beroperasi karena dampak gempa.

Agus melanjutkan, pemerintah berupaya agar sarana dan prasarana di pelabuhan dapat kembali normal. Terkait perbaikan infrastruktur, saat ini sedang dilakukan pendataan detail mengenai kerusakan yang terjadi di masing-masing pelabuhan.


"Insha Allah, kami akan melakukan yang terbaik untuk mengembalikan fungsi pelabuhan sebagai pintu masuk suatu wilayah di Sulawesi Tengah pasca gempa kemarin. Negara tidak akan tinggal diam dengan adanya musibah tersebut dengan terus bahu-membahu memberikan bantuan kemanusiaan dan mengupayakan perbaikan infrastuktur transportasi laut sesegera mungkin," terangnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed