Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Okt 2018 18:37 WIB

4 Tahun Jokowi-JK, Bagaimana Kabar Tol Laut?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Ardian Fanani Foto: Ardian Fanani
Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla sudah memasuki tahun keempat pada 20 Oktober 2018. Banyak program kerja dalam bidang infrastruktur salah satunya adalah tol laut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan capaian dari tol laut saat ini sudah cukup baik.

"Tol laut saya kemarin ke Jawa Timur, apalagi ada 16 kapal yang akan menggantikan kapal-kapal yang ada," kata Budi di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (22/10/2018).

Dia menjelaskan untuk tahun depan, pemerintah ingin melakukan penambahan jarak dan peningkatan kualitas. Menurut dia seperti menggunakan instrumen kerja sama dengan pihak swasta di daerah Indonesia timur.


"Selain itu kami juga akan mau barang tertentu seperti semen, beras, gula dan komoditas agar lebih lancar sehingga komoditas yang kita harapkan ada penurunan harga yang semakin jelas," imbuh dia.

Untuk mendukung rencana tersebut, pemerintah berencana untuk menambah tiga hingga lima trayek tol laut ini dan menambah jumlah kapal serta mengganti kapal dengan yang lebih baik. Hal ini agar banyak perubahan yang terjadi.

Sebagai informasi, tol laut merupakan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan telah dilaksanakan sejak 2015 untuk mencegah disparitas harga komoditas di Indonesia bagian Barat dan Timur. (kil/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com