Follow detikFinance
Jumat, 02 Nov 2018 13:00 WIB

3 Trayek Baru Tol Laut Fokus Angkut Semen

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Arbi Anugrah Foto: Arbi Anugrah
Jakarta - Optimalisasi jalur tol laut dilakukan bukan hanya untuk barang kebutuhan pokok, namun Kementerian Perhubungan juga mengoptimalisasikan angkutan Tol Laut untuk mengangkut semen ke pulau-pulau terluar yang terkoneksi dengan kapal angkutan laut perintis.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Agus Purnomo menjelaskan, tiga trayek ini nantinya akan memudahkan pengangkutan muatan semen. Nantinya, akan ada 3 (tiga) opsi trayek Tol Laut yang dapat dimodifikasi ruas-ruas trayeknya sesuai kebutuhan PT Semen Indonesia (Persero) dalam pengangkutan semen.


Ketiga trayek tersebut antara lain Trayek T-4 yang melayani rute Tanjung Perak-Makassar-Bitung-Tahuna menggunakan KM. Logistik Nusantara 1 dengan operator PT PELNI, Trayek T-6 yang melayani rute Tanjung Perak-Makassar-Tidore-Morotai menggunakan KM Logistik Nusantara 2 dengan operator PT PELNI, dan Trayek T-15 yang melayani rute Tanjung Perak-Kisar (Wonreli)-Namrole-Sorong menggunakan KM Caraka Jaya Niaga III-32 dengan operator PT Pelni.

"Dengan masuknya bahan baku semen ke wilayah timur Indonesia melalui Tol Laut, maka harga semen menjadi tidak jauh berbeda dengan harga semen di wilayah barat sehingga akan menunjang pembangunan infrastruktur di daerah-daerah tertinggal, terpencil terluar dan perbatasan," kata Agus.


Hingga saat ini, Kementerian Perhubungan telah mengoperasikan 18 (delapan belas) trayek kapal angkutan barang Tol Laut yang menyinggahi daerah-daerah yang masuk ke dalam kategori daerah tertinggal, terpencil terluar dan perbatasan, sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor AL.108/5/5/DJPL-18 tanggal 3 September 2018 tentang Perubahan Pertama Atas Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor AL. 108/5/17/DJPL-17 tentang Jaringan Trayek Penyelenggaraan Angkutan Barang di Laut Tahun Anggaran 2018.




Tonton juga 'Filosofi dan Cita-cita Jokowi Bangun Tol Laut':

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed