Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Nov 2018 14:17 WIB

Pengangguran di Desa Naik Tipis, Darmin: Dana Desa Tidak Instan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Wikha Setiawan/detikcom Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di desa naik tipis. Padahal pemerintah sudah menggelontorkan triliunan dana desa. Lantas, apa kata pemerintah?

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, sebetulnya dana desa sudah memperbaiki banyak hal di pedesaan. Namun dampaknya tidak instan, termasuk dalam menurunkan jumlah pengangguran.

"Sebetulnya adanya dana desa itu memang sebetulnya memperbaiki banyak hal dan memberikan pekerjaan, walaupun karena bekerjanya melalui infrastruktur, dampaknya itu tidak instan," katanya saat ditemui di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Dana desa ini salah satunya memang difungsikan untuk pembangunan infrastruktur di pedesaan. Untuk melahirkan pekerja dari situ dianggap butuh waktu.


"Dampaknya itu perlu waktu ya tergantung juga nanti infrastruktur apalagi yang dikembangkan ya," paparnya.

Darmin juga tak menampik, naik tipisnya pengangguran di pedesaan lantaran jumlah lahan pertanian menyusut sehingga profesi petani kehilangan pekerjaannya.

"Ya tentu saja ada kalau ditanya (menyusutnya lahan pertanian ada pengaruhnya) tapi secara keseluruhan tentu lebih dari itu," tambahnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, naik tipisinya tingkat pengangguran terbuka di desa karena adanya pengurangan jumlah pekerja di sektor pertanian.

"Bahwa peningkatan TPT tipis di desa itu penyebabnya ada pengurangan pekerja di pertanian," kata Suhariyanto di Kantor Pusat BPS.

Suhariyanto menyebutkan, TPT per Agustus 2018 sebesar 5,34% atau setara 7,001 juta orang. Angka tersebut jika dilacak terdiri dari pengangguran di desa sebesar 4,04% atau lebih tinggi dibandingkan pada periode yang sama tahun 2017 yakni sebesar 4,01%.





Tonton juga 'Kurangi Pengangguran Lewat Sekolah Coding Gratis':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed