Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 19 Nov 2018 18:00 WIB

Kemendag, BI, dan Kepala Daerah se-Maluku Kumpul Bahas Inflasi

Muslimin Abbas - detikFinance
Foto: Muslimin Abbas/detikcom Foto: Muslimin Abbas/detikcom
Ambon - Kementerian Perdagangan bersama Bank Indonesia perwakilan Maluku dan Bupati/Wali Kota se-Maluku mengelar rapat koordinasi daerah guna membahas strategi pengendalian inflasi jelang Natal dan Tahun Baru 2019. Staf Ahli Menteri Perdagangan (Mendag) Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward mengatakan langkah-langkah akan ditempuh untuk menjaga stabilitas harga guna pengendalian inflasi.

"Kalau bicara terkait langkah-langkah yang dilakukan. Saat ini Mendag mempunyai payung hukum untuk itu ada berbagai regulasi Permendag terkait dengan harga eceran tertinggi dan maupun harga acuan dan tentunya di kawal dengan baik sehingga para pelaku usaha bisa memahami dan melaksanakan dengan aturan yang ada" Ujar Staf Ahli Mendag Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward di Aula Kantor Bank Indonesia Perwakilan Maluku, Senin (19/11/2018)

Edward melanjutkan akan melakukan pemantauan secara lebih intens guna melihat perkembangan dan bila ada kekurangan pasokan tentu akan berkoordinasi antara Kementerian yang didukung Satgas pangan untuk menyikapi hal tersebut.

"Akan melakukan pemantauan secara lebih intens untuk melihat perkembangan yang ada dan apa bila sana sini misalnya ada kekurangan pasokan tentu dengan langkah koordinasi yang intens dan komperhensif antara Kementerian yang didukung Satgas Pangan bisa disikapi dengan baik," katanya.

Selain itu Dody menjelaskan antar kementerian akan mengawal dengan baik jalur alur distribusi dari petani hingga ke pasar untuk menjamin stabilitas harga pangan.

"di sinilah perlunya nanti antara kementerian mengawal jalur distribusi keamanan dari pada barang setelah sampai dari petani ke gudang dari gudang ke pelabuhan dari pelabuhan ke gudang langsung ke pasar betul-betul bisa terjaga dengan baik alur distribusinya," tutur Edward.


Tonton juga 'Jokowi Ingin Inflasi RI 1-2% Seperti Negara Maju':

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed