Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 05 Des 2018 17:58 WIB

Laporan dari Monaco

Susi: Setop Beli Terumbu Karang untuk Akuarium!

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Angga Aliya Firdaus Foto: Angga Aliya Firdaus
Monaco - Kelestarian laut terancam oleh jual-beli terumbu karang. Maka dari itu, sudah seharusnya jual-beli terumbu karang itu dihentikan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti dalam acara International Coral Reef Initiative (ICRI) yang diselenggarakan di Monaco.

Menurut Susi rusaknya laut tidak hanya disebabkan oleh perubahan iklim saja, tapi juga ada bisnis dan permintaan yang besar untuk terumbu karang. Permintaan terumbu karang ini berasal dari dalam dan luar negeri.

"Setop beli terumbu karang untuk akuarium di rumah! Kalau masih yang beli itu akan menjadi trigger (pemicu) orang untuk memanen coral reef. Kalau makin banyak diambil kan semakin rusak laut kita," ujar Susi di Monaco, Rabu (5/12/2018).


"Punya ikan hias di rumah boleh, tapi (akuariumnya) jangan pakai terumbu karang. Ganti pakai yang lain saja," tegas Susi.

Terumbu karang ini sangat penting untuk kehidupan biota laut. Tanpa terumbu karang yang sehat, tidak akan ada lagi ikan segar yang bisa diambil oleh nelayan.

"Nelayan tradisional itu sudah mengerti kalau terumbu karang penting, tapi kan banyak juga yang tidak mengerti, tahunya jual-jual saja. Tugas pemerintah ini membina mendidik dan membuat aturan untuk terumbu karang ini," ucapnya.

Ancaman ini, kata Susi, tidak hanya terjadi di Indonesia saja melainkan di banyak negara. Maka dari itu Susi merasa perlu menyampaikan hal ini di forum internasional supaya lebih banyak negara yang sadar akan pentingnya terumbu karang untuk keberlangsungan laut.

(ang/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed