Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 26 Des 2018 15:25 WIB

Antisipasi Pesanan Membludak, JD.ID akan Tambah Pasukan Kurir

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi Belanja Online. Foto: Xinhuanet Ilustrasi Belanja Online. Foto: Xinhuanet
Jakarta - Industri e-Commerce dan logistik menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Menghadapi tingginya minat konsumen berbelanja online, keandalan pengiriman barang menjadi penting.

Salah satu pemain e-commerce di Indonesia, JD.ID mengakui pentingnya keandalan logistik. Pihaknya belajar dari tingginya lonjakan order saat Harbolnas 2018 ini, di mana faktor keandalan dan faktor eksternal di lapangan yang kadang tidak terprediksi dapat menjadi penyebab terlambatnya barang sampai ke konsumen.

"Dari Harbolnas 2018 ini JD.ID mendapatkan dua pelajaran berharga untuk tahun depan, Pertama, pertama adalah minat dan antusias masyarakat Indonesia serta kesadaran mereka untuk belanja online sudah semakin tinggi. Terlepas dari mereka belanja di platform apapun, tapi kenyataannya kesadaran dan antusiasme masyarakat pengguna internet untuk belanja online memang sudah besar. Bahkan laporan terbaru Nielsen menyebutkan tingkat kesadaran pengguna internet di Indonesia akan Harbolnas di 2018 sudah mencapai 88%," kata Head of Marketing JD.ID Mia Fawzia saat berbincang dengan detikFinance di kantornya, Jakarta, Rabu (26/12/2018).

"Pelajaran Kedua, adalah keandalan logistik untuk mengirim pesanan barang ke pelanggan. Kompleksitas jasa logistik juga menjadi faktor yang harus dikaji dan diperhatikan lebih serius seiring dengan minat konsumen berbelanja online yang melonjak drastis," imbuhnya lagi.


Saat ditanya mengenai apa yang akan ditingkatkan perusahaan di tahun 2019 mendatang, Mia memaparkan selain perbaikan kualitas layanan dari segi penyediaan dan konsistensi kualitas produk asli, JD.ID akan melakukan pengembangan internal logistik mandiri pada pergudangan dan armada pengiriman JD.ID.

"Kemungkinan besar prioritas akan dilakukan pada penambahan jumlah gudang-gudang baru dan juga penambahan armada kurir-kurir logistik yang akan dihitung dari rasio pertumbuhan yang akan terjadi di tahun 2019. Penambahan-penambahan ini akan diperhitungkan dengan rasio pertumbuhan pemesanan pada hari biasa, momen-momen khusus dan juga festival belanja sebesar Harbolnas. Yang semuanya demi pelayanan dan kepuasan pelanggan JD.ID" jelasnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com