Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Des 2018 12:45 WIB

Stok Melimpah, Bulog Cuma Target Serap Beras 1,8 Juta Ton di 2019

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Stok cadangan beras di gudang Perum Bulog hingga akhir tahun ini tercatat sebanyak 3,28 Juta Ton. Pihaknya pun menargetkan penyerapan beras di tahun depan hanya 1,8 juta ton.

Menurut Kepala Divisi Pengadaan Perum Bulog Taufan Akib stok beras sebanyak 3,28 juta ton tersebut berasal dari pengadaan dalam negeri sebanyak 1,5 juta ton. Kemudian pengadaan luar negeri sebanyak 1,78 juta ton.

Alhasil, dari banyaknya stok di akhir tahun tersebut pihaknya hanya menargetkan penyerapan sebanyak 1,8 juta ton di tahun depan.


"Tahun depan target penyerapan 1,8 juta ton. Kenapa jumlahnya segitu? Karena stok (di gudang) lebih besar jadi rendah di tahun depan," kata dia dalam bincang-bincang pertanian di Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (28/12/2018).

Lebih lanjut, ia menjelaskan penyerapan di tahun depan bisa meningkat lagi. Hal itu bila pendistribusian pasokan di Bulog lancar.



"Ya bisa meningkat lagi kalau kita nyalurin berasnya juga banyak di tahun depan. Kan nggak mungkin ditahan (di dalam gudang terus)," papar dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com