Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 20 Jan 2019 16:32 WIB

Ekspor 250 Kereta ke Bangladesh, INKA Kantongi Rp 1,4 T

Amir Baihaqi - detikFinance
Foto: Amir Baihaqi Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - PT Industri Nasional Kereta Api (INKA) kembali melakukan pengiriman kereta ke Bangladesh. Kali ini perusahaan pelat merah itu mengirimkan 250 kereta secara bertahap.

Direktur Utama INKA Budi Noviantoro mengatakan pengiriman kereta penumpang ke Bangladesh merupakan kali ketiga yang dilakukan pihaknya. Untuk pengiriman ini total nilai kontraknya sebesar US$ 100,89 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk 250 kereta.

"Sebelumnya pada tahun 2016, PT INKA juga telah mengekspor sebanyak 150 kereta dengan nilai kontrak senilai US$ 72,39 juta dan 50 kereta ke Bangladesh pada tahun 2006 dengan nilai kontrak sebesar US$ 13,8 juta," kata Budi usai acara pengiriman kereta melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Minggu (20/1/2019).


Menurut Budi keberhasilan PT INKA dalam memenangkan setiap tender, membuat pihaknya semakin dipercaya dunia. Karena selain ke Bangladesh PT INKA juga pernah memenuhi pesanan kereta ke luar negeri lainnya.

"Seperti Power Generating Car (PGC) dan gerbong barang ke Malaysia; Well Wagon ke Singapura, Ballast Hopper Wagon (BHW) ke Thailand, Lokomotif ke Filipina, dan Blizzard Center Sills ke Australia," terang Budi.

Lalu apa yang membuat produksi PT INKA bisa mendunia? Budi menjelaskan, selain kualitasnya yang bagus, produksi PT INKA juga dikenal murah dan pengirimannya juga cepat.

"Kualitas bagus, harga murah dan pengirimannya cepat itu saja. Kalau saingannya kita dari India dan dari Cina," imbubnya.


Sedangkan dalam waktu dekat ini, imbuh Budi, pihaknya sudah menerima kontrak dari Philipina dengan nilai total Rp 700 miliar. Dan saat ini sedang dalam pengerjaan.

"Kontrak dengan Filipina yaitu 4 KD dan 3 lokomotif dan 16 kereta penumpang. Sekarang ini sedang dikerjakan di PT INKA. Bulan Juni kita akan kirim satu kereta diesel elektrik. Nanti akhir tahun semua sudah kita kirim ke Philipina," tutupnya. (das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed