Sri Mulyani: Utang Bukan Najis!

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 23 Jan 2019 22:54 WIB
Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pemerintah telah mencatat, mengelola, dan menggunakan utang pemerintah dengan prinsip kehati-hatian. Sehingga, masyarakat tak perlu khawatir soal pengelolaan utang pemerintah.

Hal itu diungkapkan saat menjadi pembicara kunci di acara Rakernas Kementerian Agama Tahun 2019 dengan tema "Akselerasi Manajemen Keuangan Kementerian Agama" di Hotel Shangri-La, Jakarya, Rabu (23/1/2019).

Menurut Sri Mulyani, utang itu bukan sesuatu hal yang dilarang selama pengelolaannya dilakukan dengan baik dan memenuhi kaidah-kaidah aturan perundang-undangan dan tujuannya demi percepatan pembangunan.

"Utang itu bukan sesuatu yang najis," kata Sri Mulyani.


Ia menambahkan, pemerintah menjamin pengelolaan utang saat ini sudah baik karena sudah mempertimbangkan seluruh risiko yang ada. Rasio utang bahkan terus dijaga agar tidak sampai membebani keuangan negara.

Ia bahkan rela mempertaruhkan predikat sebagai menteri terbaik dunia. Menurut Sri Mulyani, predikat 'menteri terbaik dunia' tak mungkin disematkan padanya bila ia tak mampu mengelola keuangan negara dengan baik.

"Saya ingat yang membicarakan mengenai utang, harusnya kamu dalam mengelola utang harus teliti, catatlah utang secara teliti dan hati-hati, ya saya mengikuti itu, kalau saya tidak mengikuti itu tidak mungkin jadi menteri keuangan terbaik dunia, tidak mungkin," tegas Sri Mulyani.




(hek/dna)