Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Feb 2019 15:30 WIB

Dukung Bandara Kulon Progo, PT KAI Siapkan Kereta Bandara

Rinto Heksantoro - detikFinance
Dirut PT KAI Edi Sukmoro/Foto: Grandyos Zafna/detik.com Dirut PT KAI Edi Sukmoro/Foto: Grandyos Zafna/detik.com
Purworejo - Pembangungan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, DIY mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya PT KAI (Persero). Untuk mendukung hal tersebut, PT KAI siap meluncurkan puluhan kereta bandara.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya saat ini tengah meng-upgrade stasiun Wojo yang ada di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo yang merupakan stasiun terdekat dengan NYIA. Stasiun tersebut akan menyambung akses antara bandara dengan stasiun.


"Jadi untuk sementara itu Stasiun Wojo di-upgrade, nanti kereta itu (kereta bandara) akan berhenti di Wojo. Lalu dari Wojo untuk menuju ke bandara NYIA itu akan disambung dengan kendaraan jalan raya kurang lebih 5 km dari situ," kata Edi Sukmoro kepada detikcom saat menghadiri acara peresmian gedung baru Reska di area Stasiun Kutoarjo, Jumat (8/2/2019).

Saat ini seluruh persiapan sedang dilakukan. Edi berharap pengoperasian kereta bandara tersebut dapat dilakukan secepatnya untuk mengantarkan penumpang menuju bandara, pihaknya telah menyiapkan sedikitnya 22 kereta bandara.

"Kita berharap secepatnya dan tahun ini bisa dioperasikan. Kereta sudah kita siapkan, yang sekarang sudah datang itu ada 2 train set dan kita masih memesan 20 train set lagi, tentu saja nanti juga bisa digunakan untuk keperluan yang lain juga," imbuhnya.


Selain itu, Stasiun Kedundang di Kulonprgo yang telah lama dinonaktifkan bakal dihidupkan kembali sebagai stasiun sub penghubung jalur utama kereta api menuju bandara baru Kulonprogo. Dari stasiun tersebut, nantinya akan dibuat jalur menuju bandara.

"Saat ini jalur menuju bandara juga masih dalam tahap pembebasan dari direktorat jenderal, kita berharap bisa lebih cepat selesai sehingga masyarakat gampang menuju ke bandara. Tidak menutup kemungkinan juga jika nanti bandara Solo overload bisa dialihkan ke Kulonprogo karena dari Solo ke Jogja kan sudah tersambung jalurnya," tutup Edi. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed