Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 26 Feb 2019 21:00 WIB

Dibanggakan Jokowi, Unicorn Selamatkan Investasi RI

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis Luthfy Syahban Ilustrasi/Foto: Tim Infografis Luthfy Syahban
Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai unicorn menjadi salah satu penyelamat pertumbuhan investasi asing di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Kepala BKPM Thomas Lembong menyatakan, unicorn salah satu yang mendatangkan investasi asing paling banyak.

"Saya ingin angkat bahwa arus modal masuk ke ekonomi digital dan sektor e-commerce adalah satu dari dua sektor yang selamatkan investasi internasional Indonesia dalam lima tahun terakhir," katanya dalam Diskusi FMB9 tentang Investasi Unicorn untuk Siapa di Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).


Selain e-commerce dan ekonomi digital, sektor lain yang menolong masuknya investasi asing di Indonesia adalah smelter atau pabrik pengolahan dan pemurnian mineral.

"Kalau bukan karena dua sektor ini investasi internasional Indonesia turun, bukan naik," sebutnya.


Unicorn, disebut Lembong berkontribusi dalam dalam mendorong aliran modal asing sehingga realisasi investasi tetap tumbuh.

"Saya tentunya berterima kasih sekali, karena kalau bukan karena investasi dan arus modal yang deras masuk ke dalam unicorn, tapi juga ekonomi digital lainnya, investasi internasional Indonesia ini dalam beberapa tahun terakhir malah turun bukan naik," tambahnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com