Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Mar 2019 22:45 WIB

JK ke Alumni LPDP: Jangan Terlalu Berharap Kerja di Pemerintahan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Wapres Jusuf Kalla atau JK (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom) Foto: Wapres Jusuf Kalla atau JK (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengingatkan alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) jangan terlalu berharap bekerja di pemerintahan. Pasalnya banyak sektor lain yang dibutuhkan ketimbang mengincar posisi di pemerintahan.

"Kita butuh apa? kita butuh kemampuan di segala bidang. Anda jangan terlalu berharap pulang ke Indonesia kerja di pemerintahan," kata JK dalam acara Sarasehan LPDP 2019 "Kembali Untuk Negeri" di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat malam (15/3/2019).


Paling-paling, menurut JK hanya 5% dari alumni LPDP yang dipekerjakan di pemerintahan. Pasalnya saat ini birokrasi tak membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Yang paling penting pertama di pikiran anda jangan harap banyak pada bekerja di pemerintahan dulu. Mungkin diterima di bawah 5%, tapi berpikir bagaimana bisa mempekerjakan orang, lebih produktif," paparnya.

"Maka yang paling terbuka adalah kewirausahaan atau profesionalisme. Itu yang jadi bagian kebutuhan bangsa ini sekarang dan ke depan," lanjutnya.


JK ingin mereka yang telah menempuh pendidikan lewat jalur LPDP bisa memberi kontribusi lebih kepada negara lewat penciptaan lapangan kerja.

"Itu tentu alasan kenapa anda diberikan kesempatan oleh negara untuk mendapatkan pendidikan yang baik di dalam dan luar negeri dengan biaya negara agar sumbangan SDM lebih baik," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed