Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 22:16 WIB

Cek Fakta

RI Bikin 1.000 Startup dalam 5 Tahun, Begini Faktanya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Koneksi internet merupakan salah satu fokus pemerintahan Jokowi-JK yang sudah berusia 4 tahun lebih. Palapa Ring yang disebut sebagai tol langit merupakan program andalan untuk mewujudkan upaya itu.

Apa yang telah dilakukan pemerintah itu pun dipamerkan oleh Cawapres Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin. Dia menyebut, dengan program itu pemerintah sudah mampu melahirkan lebih dari 1.000 startup.

"Infrastruktur digital telah tumbuh dalam 5 tahun. Kita kembangkan 1.000 startup, padahal di Iran 1.000 startup butuh 10 tahun. Hingga di 2024 kita bisa tumbuhkan 3.500 startup hingga bisa buat lapangan kerja," ujarnya dalam debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).


Startup sendiri merupakan perusahaan rintisan atau yang belum lama beroperasi. Perusahan ini pada fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Pertumbuhan startup digital tiap tahunnya terus meningkat, tidak terkecuali di Indonesia. Negara kita bahkan tercatat berada di urutan keempat dalam jumlah startup.

Menurut data yang dihimpun detikFinance, Amerika Serikat berada pada urutan pertama sekitar 28 ribu, India, 4.700, Inggris 3.000 dan Indonesia sekitar 1.720 startup. Namun, belum diketahui dalam kurun waktu berapa lama jumlah startup itu tumbuh di Indonesia.



Semua itu berkat penetrasi internet di Tanah Air yang terus meluas, sehingga menyebabkan potensi industri digital juga semakin meningkat. Berdasarkan data dari We Are Social, ada 150 juta pengguna internet di Indonesia dari total populasi 268,2 juta jiwa pada awal tahun 2019.

Selain itu, banyak startup digital yang sukses dan memberikan dampak positif dengan menyelesaikan permasalahan-permasalahan di Indonesia. Misalnya, kehadiran ojek modern (online) di Indonesia yang menghubungkan antara tukang ojek dan penumpang.


Video: Saat Kiai Bersarung Bicara Infrastruktur Langit

[Gambas:Video 20detik]

(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed