Round-Up 5 Berita Terpopuler

Kepala Bappenas Sebut Orang Bingung Apa Wisata Jakarta

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Rabu, 10 Apr 2019 20:40 WIB
3.

Jurus Prabowo Pangkas Tarif Listrik 20%

Kepala Bappenas Sebut Orang Bingung Apa Wisata Jakarta
Foto: Prabowo Subianto kampanye di Palembang. (Raja Adil Siregar/detikcom).

Prabowo Pengin Turunkan Tarif Listrik 20%, Begini Caranya

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan menurunkan tarif listrik bertahap jika terpilih nanti. Sasaran pertama penurunan tarif ini ialah golongan 450 dan 900 VA, di mana penurunannya sampai 20%.

Anggota tim ekonomi penelitian dan pengembangan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Harryadin Mahardika, menjelaskan kunci untuk menurunkan tarif ini ialah penghematan dan pengaturan pada komponen bahan baku utamanya, yakni batu bara. Dengan demikian, dia bilang, penurunan tarif ini tidak memakai instrumen subsidi.

"Bukan (subsidi), tapi skema penghematan dan pengaturan komponen terbesarnya, batu bara," jelas Harryadin kepada detikFinance, Rabu (10/4/2019).

Dia menjelaskan, untuk menurunkan tarif listrik sebenarnya ada beberapa konsep. Tapi, yang saat ini didiskusikan oleh tim ialah mengatur tata niaga batu bara yang dijual untuk kebutuhan pembangkit listrik.

"Selama ini kan batu bara untuk pembangkit listrik ya, fluktuatif sekali, nggak bisa diprediksi kadang-kadang juga dapatnya mahal, karena komponen terbesar batu bara sehingga berimbas pada tarif listrik yang tinggi. Yang kita lakukan melakukan pengaturan khusus pembangkit listrik, semacam DMO untuk batu bara listrik," terangnya.