Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 17 Apr 2019 18:00 WIB

Menhub Minta Maskapai Tak 'Kucing-kucingan' Pangkas Harga Tiket

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Lamhot Aritonang Menhub Budi Karya Sumadi/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku telah meminta maskapai penerbangan menyediakan harga tiket pesawat yang terjangkau bagi masyarakat. Dia ingin maskapai memperjelas penyediaan subclass tiket penerbangan yang bisa dibeli oleh masyarakat.

"Saya kemarin ketemu dirut Garuda (Indonesia), saya minta untuk pentarifan itu lebih clear. Disampaikan bahwa subclass itu sudah dilakukan tapi saya menganggap apa yang dilakukan belum clear," kata Budi Karya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Dia meminta maskapai menyediakan porsi 5-10% alokasi tiket pesawat murah yang bisa dijangkau masyarakat. Menurutnya hal tersebut belum jelas hingga saat ini.


"Kemarin itu nggak jelas, sekarang saya minta lebih jelas supaya ada porsi untuk mereka yang bisa dijangkau oleh masyarakat banyak termasuk 5-10% di tarif batas bawah," katanya.

Dia sendiri mengaku telah membicarakan hal ini kepada maskapai. Tapi kejelasan mengenai penyediaan subclass tak ditemui hingga saat ini.

"Saya itu pasti setiap ketemu pasti ditanya soal tarif (tiket pesawat). Jadi hampir tidak pernah ada tarif yang tepat. Jadi kalau kalian (maskapai) sudah bikin, orang luar tidak tahu, berarti dua alternatif, tidak jelas atau memang enggak ada (subclass)" ujarnya.


Dia sendiri mengaku dorongan penyediaan subclass telah disetujui oleh maskapai. Namun karena adanya ketidakjelasan mengenai penurunan harga tiket, dia mengaku menyiapkan perintah dalam bentuk surat edaran.

"Saya sampaikan ke pihak Garuda, saya beri kesempatan Garuda sebagai public company menetapkan sendiri. Toh itu ada di UU kan aturan itu. Kalau 2 minggu lagi tidak bisa, ya saya tetapin. Tapi kan kalau ditetapin untuk public company kurang baik sebenarnya, jadi lebih baik kita ajukan dia lakukan itu," katanya.

Untuk diketahui, subclass merupakan golongan dalam tiket pesawat di setiap kelas penerbangan. Misalnya, untuk penerbangan first class, ada subclass F dan P, yang merupakan tiket dengan harga termahal (full fare).

Sementara, di kelas bisnis dan eksekutif, ada kode subclass J dan C yang merupakan tiket dengan harga termahal (full fare). Di kelas ekonomi, umumnya, menggunakan kode subclass Y.


Simak Juga "Tips Dapatkan Tiket Mudik dengan Harga Bersahabat":

[Gambas:Video 20detik]

Menhub Minta Maskapai Tak 'Kucing-kucingan' Pangkas Harga Tiket
(eds/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com