Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 15:16 WIB

Konsumsi RI Kuartal I-2019 Diprediksi Tumbuh 5%

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi/Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi pertumbuhan ekonomi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan konsumsi Indonesia di triwulan I-2019 akan tumbuh di kisaran 5%. Menurutnya, proyeksi 5% ditopang dari pencairan bantuan sosial (bansos) dan dana desa di kuartal pertama.

"Kuartal pertama mungkin sekitar 5%. Karena di satu sisi kalau dari pemerintah, program-program untuk bantuan sosial cukup banyak dan pencairan di kuartal satu meningkat karena PKH naik dari sisi jumlah penerima keluarga dan pencairan untuk mereka terutama dana desa," kata Sri Mulyani di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Sri Mulyani mengatakan, dengan adanya penyaluran serta pencairan bansos tersebut, maka belanja pemerintah akan mengalami peningkatan.


"Jadi kita berharap, kuartal satu ini belanja pemerintah cukup tinggi terutama didorong oleh sosial spending," katanya.

Selain itu, kegiatan Pemilu yang berlangsung cukup damai juga dinilai ikut mendorong kestabilan ekonomi dalam negeri untuk bisa tumbuh di kisaran 5%.

"Kalau dari masyarakat atau komersial, mungkin kita lihat masih cukup baik karena inflasi rendah dan confidence dari masyarakat cukup tinggi. Pemilu aman kemarin juga sangat menentukan jadi berharap kuartal satu masih akan tetap di sekitar 5%" tuturnya.


Konsumsi RI Kuartal I-2019 Diprediksi Tumbuh 5%
(fdl/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com