Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 30 Apr 2019 10:42 WIB

Malaysia hingga Brasil Jadi Contoh RI Mau Ganti Ibu Kota

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meniru Malaysia, Korea Selatan, Brasil, hingga Kazakhstan untuk merealisasikan wacana pemindahan ibu kota Indonesia.

Kemarin, Jokowi telah memutuskan Ibu Kota Indonesia harus pindah ke luar Pulau Jawa. Keputusan itu diambil saat rapat terbatas (ratas) mengenai kelanjutan wacana pemindahan ibu kota.

Lewat akun Instagramnya @Jokowi, dia mengatakan banyak negara yang sudah mengantisipasi perkembangan negaranya sendiri dengan memindahkan ibu kota.

"Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain," seperti yang dikutip dari akun Instagram @jokowi, Selasa (30/4/2019).

Jokowi menceritakan, DKI Jakarta sebagai ibu kota hingga saat ini memikul dua beban sekaligus, yaitu sebagai pusat pemerintahan dan layanan publik, juga pusat bisnis.



Dalam unggahannya juga, Jokowi menyebutkan rencana pemindahan ibu kota sudah ada sejak era Soekarno. Namun, hingga saat ini tidak pernah ada keputusan dan perencanaan dengan matang.

Mantan Wali Kota Solo ini bilang keputusan pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa telah mempertimbangkan jangka panjang, kebutuhan, dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju.

"Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung," tulis Jokowi lagi.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com