Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Mei 2019 21:35 WIB

Komite Pendidikan Vokasi akan Dibentuk, Siapa Saja Anggotanya?

Hendra Kusuma - detikFinance
Menteri Ketanagakerjaan Hanif Dhakiri/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom Menteri Ketanagakerjaan Hanif Dhakiri/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Jakarta - Pemerintah akan membentuk komite pelatihan vokasional demi terwujudnya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Hal itu juga menjadi salah satu keputusan rapat koordinasi (rakor) vokasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

"Ini koordinasi masifikasi pelatihan vokasi. Di tahun depan ini kira-kira kita lihat seperti apa, nanti rencana ke depannya seperti apa. Misalnya yang segera diputuskan adalah semacam komite vokasi," kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Hanif menyebutkan, fungsi dari komite pelatihan vokasional ini menjadi koordinator sekaligus pengawas implementasi program pelatihan keterampilan yang berada di masing-masing kementerian/lembaga (K/L).


"Ini justru persiapan implementasikan, biar lebih masif berarti harus dikonsolidasikan sehingga ada instrumen kelembagaan yang masif menggenjot itu," tegas dia.

Mengenai anggotanya, Hanif mengaku akan berisikan para menteri dan pejabat terkait dengan pelatihan vokasional. Sedangkan jajaran pimpinannya para menteri koordinator.

"Nanti menteri-menteri terkait, tentu nanti dipimpin oleh para Menko. Ya sifatnya mengkoordinasikan saja, mengoptimalkan. Jangan satu ke kiri satu ke kanan, sehingga masifikasi itu terjadi," ungkap dia.

(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com