Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mei 2019 13:55 WIB

Argentina Mau Ekspor Jagung ke RI, Mentan: Kita Sudah Swasembada

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Mentan dan Wapres Argentina/Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom Mentan dan Wapres Argentina/Foto: Puti Aini Yasmin/detikcom
Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan Wakil Presiden Argentina Gabriela Michetti meminta agar bisa mengekspor jagung ke Indonesia. Hanya saja, ia menolak karena produksi sudah swasembada.

Menurut Amran, Gabriela bahkan sempat kaget karena Indonesia sudah swasembada. Sebab, Perum Bulog beberapa waktu lalu baru saja mengimpor jagung dari Argentina.

"Jagung sudah swasembada kan memang dulu pernah impor dari mereka dan kita katakan sudah swasembada bahkan ekspor dan mereka menerima dan kaget dalam waktu singkat (bisa ekspor)," ujar Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (8/5/2019).


Gabriela, kata Amran pun langsung menanyakan apa yang dilakukan agar mampu memproduksi jagung dalam waktu singkat, dan Amran menjawab program kerja mulai dari membangun irigrasi hingga embung.

Argentina juga sepakat bekerja sama untuk tukar pengalaman antara ahli pertaniannya.

"Beliau mengatakan apa yang dilakukan kami membangun embung dan lain-lain. Jadi sepakat tukar pengalaman membangun irigrasi, embung, dan dam-dam besar," jelas dia.

Sebagai informasi, dalam pertemuan itu juga dibahas mengenai rencana ekspor buah-buahan mulai dari manggis, pisang hingga nanas ke Argentina.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com