Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 11:23 WIB

Jokowi Jengkel Izin Investasi Ruwet, Pengusaha: Ego Sektoral Tinggi

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi Pengurusan Perizinan/Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi Pengurusan Perizinan/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) jengkel dengan proses perizinan investasi yang masih lama. Saking lamanya, malah membuat investor batal menanamkan modalnya di tanah air.

Hal itu pun disampaikan langsung kepada seluruh pejabat daerah saat acara forum Musrenbangnas 2019.

Menanggapi itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, salah satu penyebab lambatnya proses izin investasi di Indonesia karena masih tingginya ego sektoral.

"Karena gini, saya bilang koordinasinya nggak bagus, masih tinggi ego sektoral," kata Hariyadi saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (10/5/2019).


Menurut Hariyadi, semangat Presiden Jokowi yang ingin mendorong kinerja investasi justru tidak bisa diikuti oleh para bawahannya dalam hal ini pejabat negara.

Padahal, investasi menjadi salah satu sektor yang bisa menyelesaikan permasalahan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Bahkan, bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Semakin hari itu bukan membuat iklim yang makin bagus tapi malah kusut, itu yang menjadi masalah karena dari ego sektoral. Saya punya ide saya minta kewenangan, jadi itu yang susah," ungkap dia.



Terobosan Jokowi Agar Investor Tak Lama-lama Urus Perizinan:

[Gambas:Video 20detik]

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com