Buruan Beli! Tiket Kereta Lebaran H-1 hingga H-5 Hampir Ludes

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 13 Mei 2019 12:35 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Bagi para pemudik yang menggunakan transportasi kereta api agaknya harus sigap membeli tiket. Sebab untuk tiket dengan waktu dan tujuan tertentu sudah mulai habis terjual.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro mengatakan untuk tiket hingga hari ini sudah 57% tiket mudik yang tersedia sudah terjual. Tiket itu baik arus mudik dan arus balik.

"57% itu dari total kursi. Untuk Lebaran itu sekitar 6,4 juta penumpang itu dari H-10 sampai H+10," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (13/5/2019).


Edi menjelaskan, kebanyakan tiket yang sudah terbeli untuk masa mudik tahun ini direntang H-1 hingga H-5. H-6 hingga H-10, serta tiket kepulangan menurutnya masih tersedia.

Mereka yang sudah beli tiket kereta di masa itu juga kebanyakan tujuannya ke lokasi-lokasi favorit seperti Cirebon, Semarang, Yogyakarta hingga Surabaya.

Nah untuk mengantisipasi hal itu, PT KAI sudah menyiapkan 50 kereta tambahan ke lokasi-lokasi favorit tersebut. Sebelumnya hanya tersedia 356 kereta, sehingga total kereta yang disiapkan saat musim mudik tahun ini sebanyak 406 kereta.


Tambahan 50 kereta selama Lebaran 2019 terdiri dari 27 kereta eksekutif dan bisnis, 11 ekonomi non PSO, 4 ekonomi PSO, dan 8 kereta yang memanfaatkan rangkaian idle. (das/zlf)