Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Mei 2019 14:57 WIB

Tak Digaji 6 Bulan, Buruh Aksesoris Adidas Gelar Demo

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Demo Buruh Pembuat Aksesoris Adidas (Danang Sugianto/detikFinance) Foto: Demo Buruh Pembuat Aksesoris Adidas (Danang Sugianto/detikFinance)
Jakarta - Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT Mikwang Prima Indo (MPI) siang ini menggelar aksi demo di jalan Jendral Sudirman. Mereka adalah pekerja pembuat aksesoris untuk sepatu Adidas.

Ada sekitar 300 orang yang melakukan aksi demo. Mereka datang menggunakan 4 bus.

Massa inginnya melakukan aksi di Gedung Artha Graha yang merupakan kantor Adidas. Namun petugas keamanan SCBD dengan Kepolisian melarang masa masuk kawasan SCBD.

"Kami mau masuk tapi tidak bisa. Makanya kita disini melakukan aksi," kata anggota SPN MPI, Sayuti, di Jakarta, Kamis (16/5/2019).


Dia menjelaskan MPI adalah perusahaan pembuat aksesoris seperti logo untuk sepatu Adidas. Sudah sekitar 6 bulan perusahaan itu berhenti beroperasi.

Selama itu pula, mereka para pekerja MPI yang jumlahnya sekitar 600 orang tidak digaji. Status mereka juga belum jelas. Belum ada pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Perusahaan terbengkalai. Bosnya Kim Seogrok sudah kabur sejak November 2018," tambahnya.


Pihak SPN MPI sendiri mengaku sudah dimediasi oleh Kemnaker pada 24 April 2019. Namun menurutnya tidak ada kejelasan.

"Makanya kita gelar aksi ke Adidas. Karena Adidas ambil aksesoris dari MPI, ya harusnya ada tanggung jawabnya juga," kata Sayuti yang mengaku sudah bekerja selama 20 tahun.

Sebelumnya SPN MPI mengaku sudah menggelar aksi di pabrik yang berlokasi di Cikupa Tangerang. Mereka menggelar tenda tepat di depan pabrik. (das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed