Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 18 Mei 2019 19:35 WIB

Kemenkeu: Utang Pemerintah Sebulan Terakhir Turun Rp 38 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Kementerian Keuangan mengatakan jumlah utang pemerintah per April 2019 sebesar Rp 4.528,45 triliun menurun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan, total utang pemerintah di April tahun ini turun Rp 38,6 triliun dari Maret 2019 yang sebesar Rp 4.567,31 triliun.

"Secara nominal, utang Pemerintah memang bertambah jika dihitung sejak akhir April tahun lalu, namun sebenarnya utang pemerintah dalam satu bulan terakhir sudah menurun Rp 38,6 triliun. Ini berarti dalam 1 bulan bisa turun 11% lebih dibandingkan dengan kenaikan tersebut," kata Nufransa saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (18/5/2019).


Menurut Nufransa, jika utang pemerintah bertambah menjadi kesalahan Menteri Keuangan merupakan kesalahan besar. Pasalnya, jumlah utang bertambah atau tidak merupakan kesepakatan antara pemerintah dengan dewan perwakilan rakyat (DPR).

"Adalah suatu kesalahan besar bila menyalahkan seorang Menteri Keuangan dalam pengambilan kebijakan pembiayaan melalui utang. Kebijakan ini adalah produk bersama antara pemerintah yang disetujui oleh wakil rakyat yang duduk di DPR," ungkap dia.

(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed