CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 14:10 WIB

Siasat Belanja Lebaran Pakai Kartu Kredit

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta - Sudah tak sabar beli baju Lebaran, tapi Tunjangan Hari Raya (THR) belum cair? Boleh kok pakai fasilitas utang dulu, asal berkomitmen untuk membayarnya saat THR cair.

Seiring perkembangan zaman, saat ini penyedia fasilitas utang begitu beragam. Mulai dari kartu kredit, pegadaian, kartu kredit online, hingga fintech pembiayaan alias utang online.

Menurut Perencana Keuangan Eko Endarto boleh saja menggunakan fasilitas utang itu untuk berbelanja kebutuhan Lebaran sebelum THR. Tapi kenali dulu karakteristik fasilitas utang itu.

Eko menyarankan agar menggunakan fasilitas utang batas waktu pembayaran tanpa bunganya jelas. Seperti kartu kredit ataupun kartu kredit online.

"Saran saya si kartu kredit, karena dia ada jangka waktu pembayaran jatuh tempo dan itu pendek," ujarnya kepada detikFinance, Jumat (24/5/2018).

Setiap kartu kredit memiliki tanggal jatuh tempo. Jika membayar sebelum tanggal jatuh tempo tidak dikenakan bunga selain biaya administrasi.


Selain kartu kredit dia juga menyarankan untuk memilih fasilitas pegadaian. Alasannya sama, ada jangka waktu pembayaran yang jelas.

Eko tidak menyarankan untuk meminjam uang melalui fintech pembiayaan. Sebab fasilitas ini menerapkan bunga harian yang dianggapnya berbahaya.

"Jadi yang dihindari fintech yang bunganya per hari itu," tegasnya.

Namun untuk menggunakan kartu kredit ada beberapa hal yang harus diingat. Pertama, pastikan Anda berkomitmen untuk membayar tagihan secepatnya setelah mendapatkan THR.

"Itu yang harus dikomitmenkan. Tapi kan seringnya banyak orang yang belanja pakai kartu kredit tapi pas bayarnya males," tambahnya.

Kedua gunakan kartu kredit untuk berbelanja maksimal setengah dari THR yang di dapat. Jangan belanjakan setara dengan jumlah THR atau melebihinya.

Alasannya, kata Eko, setengah dana THR harus disiapkan untuk kebutuhan-kebutuhan mendadak. Kita tida tahu apa yang akan terjadi setelah mendapatkan THR.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed