Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 02:41 WIB

Setelah Surabaya, KAI Luncurkan Kereta Tidur ke Solo Hingga Malang

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Sleeper Train (Puti Aini Yasmin/detikFinance) Foto: Sleeper Train (Puti Aini Yasmin/detikFinance)
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengoperasikan kereta tidur atau sleeper train dengan nama Luxury 2. Setelah rute Jakarta-Surabaya, kali ini kereta tidur hadir untuk rute Solo hingga Malang.

Menurut Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, kereta tidur kali ini berbeda dari seri yang sebelumnya. Sebab, kursi tidur kali ini didesain lebih sederhana dari sebelumnya yang hanya memiliki 18 kursi.

Kursi tidur di generasi yang pertama didesain lebih besar ukurannya. Sedangkan, kursi tidur generasi kedua lebih kecil sehingga bisa memiliki hingga 26 kursi.

"Ini luxury kedua karena sebelumnya itu ada sleeper yang sudah dijalankan. Ini kapasitas duduknya 26 (kursi). Sementara yang pertama hanya 18 (kursi)," terang dia dalam peluncuran kereta luxury 2 di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (26/5/2019).


Setelah Surabaya, KAI Luncurkan Kereta Tidur ke Solo Hingga MalangFoto: Sleeper Train (Puti Aini Yasmin/detikFinance)

Adapun, terdapat empat perjalanan untuk tiga rute pada kereta tidur ini, yakni dua perjalanan ke Solo pada rangkaian KA Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp), satu ke Yogyakarta dengan KA Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp), dan satu lagi ke Malang dengan KA Gajayana (Gambir-Malang pp).

"Ada 4 trip. Kereta ke Solo 2 (perjalanan), Yogyakarta 1, lalu Malang 1," jelas dia.

Selain itu, untuk fasilitasnya kursi tidur dapat direbahkan hingga 140 derajat, diputar 180 derajat, sandaran kaki elektrik. Ada juga, televisi layar sentuh, lampu baca, bantal, dan selimut.


Penumpang juga diberikan makanan berat, minuman, dan makanan penutup selama perjalanan. Sedangkan untuk makanan ringan dapat diambil sepuasnya.

"Ini dapat makan, free flow bebas untuk makanan kecil dan minumannya," jelasnya.

Setelah Surabaya, KAI Luncurkan Kereta Tidur ke Solo Hingga MalangFoto: Sleeper Train (Puti Aini Yasmin/detikFinance)

Sementara itu, KAI masih mematok tarif promo untuk kereta tidur dengan harga mulai dari Rp 750 ribu hingga Rp 950 ribu. Tarif promo berlaku selama satu bulan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed