Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 28 Mei 2019 13:35 WIB

Jelang Lebaran, Gadai Pinggir Jalan Jadi Target Tambah Isi Kocek

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance
Jakarta - Lebaran sebentar lagi. Biasanya, kebutuhan uang meningkat lantaran butuh dana tunai untuk bagi-bagi angpao ke sanak saudara.

Banyak cara untuk mendapatkan uang tersebut tersebut. Di samping mengandalkan tunjangan hari raya (THR), cara lain untuk mendapatkan uang tunai ialah 'sekolahkan barang di gadai pinggir jalan.

Salah satu penjaga gadai pinggir jalan, Ramadan menjelaskan, kegiatan gadai oleh masyarakat terlihat ramai di awal bulan. Dia mengatakan, dalam sehari bisa melayani 10 orang lebih untuk menggadaikan barang miliknya.


Namun, dia bilang, kegiatan gadai ini menyusut jelang Lebaran karena masyarakat mulai pulang kampung. Dalam sehari, dia kini melayani sekitar 8 orang.

"Kalau pertengahan awal bulan itu lebih dari 10. Kalau sekarang sepi, karena mayoritas pulang kampung," katanya kepada detikFinance, di Jalan Saharjo Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Produk yang digadai hanya barang-barang non emas, mulai dari televisi, telepon seluler, kamera hingga mobil atau motor dengan jaminan BPKB.

"Kalau motor mobil tahun 2012," ujarnya.


Dia menambahkan persyaratan gadai pinggir jalan terbilang mudah. Hanya bermodalkan KTP dan uang dapat diterima pada hari itu juga.

"Langsung cair, nggak nunggu-nunggu. KTP doang, bisa luar daerah kalau elektronik. Kalau BPKB mesti Jakarta KTP," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com