ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 02 Jun 2019 15:31 WIB

Strategi J&T Kirim Barang Tepat Waktu Saat Jalanan Dipadati Pemudik

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi Belanja Online Foto: Xinhuanet Ilustrasi Belanja Online Foto: Xinhuanet
Jakarta - Jelang lebaran, kondisi jalanan terutama di pulau Jawa mulai dipadati pemudik. Selain itu, volume pengiriman logistik dari J&T Express yang dikelola oleh PT Global Jet Express meningkat hingga 100% dibandingkan dengan hari biasa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, J&T Express mengalihkan pengiriman darat yang biasanya menggunakan armada truk atau mobil pick-up dengan kereta.

"Kita sudah memperhitungkan untuk penggunaan alternatif untuk metode pengirimannya, contohnya menggunakan kereta," tutur Key Account Manager J&T Express Iwan Senjaya ketika dihubungi detikFinance, Minggu (2/6/2019).

Iwan menjelaskan, pengiriman dengan kereta biasanya hanya menutupi 10% dari total pengiriman logistik darat. Namun, dengan kondisi jalanan yang padat jelang lebaran, pihaknya meningkatkan kapasitas pengiriman dengan kereta hingga 30%.

"(Peningkatan kapasitas pengiriman kereta) kurang lebih 30% karena ada beberapa area yang kita pun masih gunakan pesawat. Biasanya (di hari normal) nggak terlalu banyak ya. Antara 10%," ungkap Iwan.


Hal tersebut sudah diimplementasikan oleh J&T Express sejak terjadinya peningkatan volume pengiriman 10 hari sebelum lebaran. Karena sebagian besar pengiriman jelang lebaran ini meningkat di kota-kota besar di Pulau Jawa, pihaknya melakukan pengalihan armada pengiriman ini di kota-kota tersebut.

"Sudah (diimplementasikan pengiriman dengan kereta), hampir di semua kota besar," terangnya.


Namun, Iwan menuturkan bahwa sejauh ini tak ada kendala overload atau keterlambatan di pengiriman logistik J&T Express.

"Sejauh ini kondisi pengiriman masih optimal," tandasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com