Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 03 Jun 2019 10:55 WIB

Penumpang Mudik di Bandara Makassar Tak Seramai Tahun Lalu

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti pagi ini melakukan kunjungan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Kedatangannya untuk mengecek langsung posko terpadu angkutan Lebaran di bandara tersebut.

"Saya kemarin datang ke Ujung Pandang ini dalam rangka memonitor pergerakan penumpang dan pesawat, sekaligus mengecek persiapan bandara untuk melayani angkutan Lebaran," ujarnya di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (3/6/2019).

Setelah mengunjungi posko tersebut, Polana menginformasikan terkait arus mudik di Bandara Sultan Hasanuddin. Jumlah penumpang di bandara ini pun mengalami penurunan yang cukup dalam dibandingkan saat musim mudik di 2018. Begitu juga dengan pergerakan pesawat.

"Di Makassar menurut data posko terakhir tadi malam, angkutan penumpang dibandingkan 2018 turun 20,2%. Sedangkan pergerakan pesawat turun 14,2%. Sementara kargo turun 54%, itu karena memang kargo (saat Lebaran) turun ya," terangnya.


Memang menurut perkiraan pemerintah, tahun ini jumlah penumpang pesawat saat musim Lebaran akan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun data itu masih bergerak.

Menurut pemantauan detikFinance, Bandara Sultan Hasanuddin memang tidak padat. Namun di beberapa ruang tunggu masih terlihat para penumpang berkumpul.

Di bandara ini, kata Polana, juga telah dilakukan inspeksi atau ramp check terhadap pesawat. Terdapat 125 pesawat yang telah dilakukan ramp check.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com