Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Jun 2019 14:36 WIB

Trump Ancam Kenakan Tarif Impor Meksiko, Harga Mobil Bisa Naik?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Presiden AS Donald Trump/Foto: Reuters Presiden AS Donald Trump/Foto: Reuters
Jakarta - Ancaman Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mengenakan tarif 5% untuk semua impor dari Meksiko akan memberi dampak pada ekonomi. Tak terkecuali, pada industri otomotif.

Mengutip CNBC, Selasa (4/6/2019), dijelaskan keputusan General Motors (GM) untuk memproduksi Chevy Blazer pada Juni lalu diharapkan memberi keuntungan bagi perusahaan. Terlebih, SUV sangat diminati. Sekarang, Blazer berpotensi kena dampak atas kebijakan yang bakal dilakukan Trump.

"Apa strategi GM untuk menangani tarif ini?" tanya Michelle Krebs, Analis di Autotrader.


"Saya tidak yakin GM tahu apakah harus memakan biaya, yang akan 'membunuh' margin keuntungan, atau meneruskan 5% ke konsumen yang akan menaikkan harga dan merusak penjualan," sambungnya.

GM tidak punya pilihan yang baik, begitu juga dengan produsen mobil lainnya. Sejak berlakunya North American Free Trade Agreement pada pertengahan 1990-an membuat produksi otomotif di Meksiko kian menarik. Hal itu mengubah Meksiko menjadi produsen mobil keenam terbesar di dunia.

Ketika menggunakan Meksiko sebagai pusat produksi, tidak ada produsen yang lebih besar dari GM. Tahun lalu, tercatat penjualan 690.865 produksi Meksiko untuk Chevy dan GMC di AS. Itu merupakan 27% dari total penjualan domestik, berdasarkan Cox Automotive. Kemudian, Fiat Chrysler tercatat 39% truk Ram yang dijual di AS dibuat di Meksiko.


Baik GM maupun Fiat Chrysler tidak mengomentari ancaman tarif Trump. Sementara, asosiasi perdagangan industri otomotif mengomentari potensi dampak kebijakan orang nomor satu AS ini.

"Setiap penghalang aliran perdagangan Amerika-Meksiko akan memiliki efek berjenjang, merugikan konsumen AS, mengancam pekerjaan dan investasi Amerika," kata CEO Autoalliance. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com