Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 10 Jun 2019 11:00 WIB

PNS Bolos, Siap-siap Instansinya Kena Sidak Menteri!

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin hari ini berencana melakukan sidak untuk memantau kepatuhan pegawai negeri sipil (PNS) di beberapa instansi pemerintah. Sidak dilakukan untuk mengetahui PNS yang bolos kerja di hari pertama setelah libur lebaran.

"Setelah ini saya secara langsung akan sidak. Jangan diberi tahu instansinya," kata Syafruddin dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2019).

Namun dia membocorkan, instansi yang sudah pasti kena sidak adalah Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Yang saya sidak pertama BKN karena instansi ini absen-absen orang, kita sidak sekalian ASN-nya, setelah itu nanti saya pikir sambil jalan (instansi mana lagi). BKN sudah saya bocorkan," ujarnya.



Syafruddin belum bisa menyebutkan ada berapa instansi yang bakal kena sidak berkaitan dengan bolosnya PNS di hari pertama ini.

"Saya selaku menteri akan terjun mensidak beberapa instansi tapi saya rahasiakan. Tadi saya bocorkan satu. Kalau kita kasih tahu dia persiapkan," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Syafruddin pagi ini memantau kehadiran PNS setelah libur lebaran yang berakhir kemarin, Minggu (9/6). Hari ini, 10 Juni seluruh PNS sudah harus kembali bekerja seperti biasa. Bagi yang nekat bolos bakal ketahuan lewat pantuan aplikasi sidina.menpan.go.id.

Berkaitan dengan itu, Menpan-RB telah mengeluarkan surat Nomor: B/26/M.SM.00.01/2019 tertanggal 27 Mei 2019 yang ditujukan kepada para Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat dan Instansi Daerah itu. Dia meminta agar laporan terhadap hasil pemantauan kehadiran ASN diinput pada hari yang sama hingga pukul 15.00 WIB.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com