ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Jun 2019 09:02 WIB

Bandara Kertajati Jadi Peluang Ekonomi Baru di Jawa Barat

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Istimewa/BIJB Foto: Istimewa/BIJB
Jakarta - Penerbangan domestik pesawat jenis jet rute luar Jawa akan dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati secara bertahap.

"Di Bandung nantinya melayani semua pesawat propeller dan semua penerbangan luar negeri yang kurang lebih totalnya 32 take off dan 32 landing sehingga totalnya ada 64 movement," ucap Pengamat Transportasi Dion M, Rabu (19/6/2019)

Dion mengatakan, Kondisi ini diyakini bisa mendorong penciptaan sumber ekonomi baru di Jawa Barat. Apalagi, Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup diminati.


Keberadaan BIJB di Kertajati menjadi jawaban atas terbatasnya daya tampung bandara Husein di tengah tingginya minat penerbangan menuju Paris Van Java ini.

"Bandung itu adalah destinasi wisata, maka kita tidak akan memindahkan pergerakan penerbangan internasional menuju Bandung. Karena dari Malaysia dan Singapura itu sangat meminati Bandung," jelasnya.


Selain itu, Dion melihat, Keberadaan Bandara Kerta jati akan membuat ekonomi Jawa Barat akan semakin bergeliat terutama ditunjang dengan keberadaan infrastukturlain seperti Pelabuhan Patimban.

"Memaksimalkan Bandara Kertajati dan Pelabuhan Internasional Patimban, Pusakanagara, Subang ,Jawa Barat. Tentu kita harapkan dukungan masyarakat supaya program Pemerintah ini Sukses," cetusnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com