Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Jul 2019 18:35 WIB

Menhub Evaluasi Kapal Tol Laut yang Dikeluhkan Telat

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Muhammad Idris Ilustrasi/Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Kementerian Perhubungan mengevaluasi penyelenggaraan Tol Laut yang berlangsung pada Januari hingga Juni 2019. Hal itu menyusul adanya laporan dari masyarakat terkait keterlambatan jadwal kedatangan Kapal Tol Laut di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku dan Pulau Larat, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Evaluasi dilakukan guna meningkatkan kualitas pelayanan Tol Laut yang menjadi program prioritas pemerintah.

"Saya telah memerintahkan Dirjen Perhubungan Laut untuk melakukan evaluasi program Tol Laut agar dapat berjalan lebih baik, dan saya minta seluruh stakeholder di sektor transportasi laut untuk ikut mendukung," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip dari keterangan resmi, Rabu (3/7/2019).


Berdasarkan keterangan Ditjen Perhubungan Laut, keterlambatan disebabkan Kapal Feeder Kandaga V yang melayani rute Moa-Larat-Kisar-Moa mengalami kerusakan crane, sehingga memerlukan waktu perbaikan.

Budi juga telah menginstruksikan Dirjen Perhubungan Laut untuk menyiapkan kapal pengganti dan menindak serta mengganti operator yang lebih kompeten.

"Untuk itu kami secara tegas akan menegur dan memberikan sanksi kepada para operator kapal yang tidak menjalankan kewajibannya sehingga masyarakat di wilayah 3TP menjadi kesulitan dan logistik mengalami keterlambatan," jelasnya.


Agar hal yang sama tak terulang, Budi mengatakan akan mengimplementasikan pengawasan berbasis teknologi informasi. Dia juga mengapresiasi peran aktif masyarakat.

"Saya berterima kasih kepada media dan seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan perhatiannya kepada kebijakan pemerintah. Hal ini sangat membantu kami untuk melakukan yang terbaik untuk masyarakat setiap program kebijakan pemerintah," tambahnya.

Simak Video "Pembebasan Lahan Proyek KA Makassar-Parepare Segmen 3 Digeber!"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com