Bandara Kulon Progo bakal Buka 2 Rute Penerbangan Baru

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 08 Jul 2019 19:00 WIB
Foto: Ristu Hanafi
Jakarta - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo belum diresmikan. Namun, hingga kini YIA sudah mengoperasikan beberapa penerbangan.

Bandara Kulon Progo telah membuka 4 rute penerbangan dari dan menuju ke Yogyakarta secara bertahap sejak April lalu. Apakah bandara baru ini ramai digunakan masyarakat?

GM Bandara YIA Kulon Progo, Agus Pandu mengatakan bahwa penerbangan di bandara YIA cukup ramai. Bahkan, menurutnya beberapa rute penerbangan sudah memiliki rata-rata okupansi hingga 50% lebih.

"Jadi memang cukup ramai ya, beberapa penerbangan load factornya bisa 50% lebih. Misalnya, Samarinda ke YIA itu 44% okupansi penumpangnya, lalu dari YIA ke Samarinda sebesar 61%," kata Pandu kepada detikFinance, Senin (8/7/2019).

Tidak sampai di situ saja, Pandu juga menjelaskan penerbangan dengan okupansi terbanyak adalah rute Palangkaraya.

"Palangkara yang ke YIA itu 65%, kalau YIA ke Palangkaraya itu sampai 75%," kata Pandu.

Untuk rute ke Jakarta sendiri, tersedia dua rute, yaitu lewat Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno Hatta. Memang rute ini disebut Pandu paling rendah, menurutnya karena memang kalau dari dan menuju Jakarta menurut Pandu banyak pilihannya termasuk ke Bandara Adisucipto.

"Kalau Halim ke YIA load factornya 50%, kalau dari YIA ke Halim 55%. Lalu CGK (Bandara Soetta) itu ke YIA sampai 40%, kalau dari YIA ke CGK 50%," jelas Pandu.

"Ya kalau ke Jakarta banyak pilihannya ya, bisa ke Adisucipto juga kan," tambahnya.


Dua Rute Baru Mau Dibuka

Beberapa rute lain sedang diproses untuk mengisi Bandara Kulon Progo. Menurut Pandu, dalam waktu dekat ada dua rute lagi yang mengisi Bandara Kulon Progo.

"Rute lainnya masih menunggu ya, paling dekat kita ada penerbangan baru ke Denpasar, Bali. Rutenya yang buka Batik Air, perizinannya sudah dikabulkan, tapi mereka belum ada jadwal penerbangannya, kayaknya masih mau sosialisasi," kata Pandu.

Selain itu, ada juga Air Asia yang akan membuka rute di Bandara Kulon Progo, setelah Batik Air dan Citilink. Rute yang ditawarkan Air Asia adalah menuju Lombok menurut Pandu.

"Ada Air Asia mereka akan operasi juga minggu depan, sudah dikabulkan juga ya penerbangannya. Mereka buka ke Lombok, jadwalnya dia hari Selasa, Kamis, Sabtu," jelas Pandu.

Sebagai informasi, daftar rute yang sudah ada di Bandara Kulon Progo adalah sebagai berikut :
Batik Air
1. Soekarno Hatta, Tangerang (CGK) - Kulon Progo (YIA)
2. Samarinda (AAP) - Kulon Progo (YIA)
3. Palangka Raya (PKY) - Kulon Progo (YIA)

Citilink
1. Halim Perdanakusumah (HLP) - Kulon Progo (YIA)



Simak Video "Bandara YIA Diprediksi Masih Padat Penumpang hingga Pekan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)