googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Jul 2019 13:03 WIB

Sri Mulyani Sebut Perang Dagang Bikin Pengusaha Malas Investasi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai dampak perang dagang membuat pelaku usaha mengerem investasi. Hal tersebut disebabkan ketidakpastian yang diakibatkan oleh perang dagang sehingga membuat pelaku usaha berhati-hati.

Itu dia sampaikan dalam seminar yang diselenggarakan oleh Insitute for Development of Economics and Finance (INDEF) bertajuk 'Tantangan Investasi di Tengah Kecamuk Perang Dagang' di Hotel Grand Sahid, Jakarta.

"Jadi kalau global economic environment (kondisi ekonomi dunia) menjadi lemah memang akan mempengaruhi atau memperlemah minat investasi di mana-mana," katanya Selasa (16/7/2019).


Dia menjelaskan, imbas perang dagang membuat perekonomian dunia melemah. Itu akan merembet ke kemana-mana.

"Berarti seluruh supply chain (rantai pasok) yang akan mengikuti juga akan melemah, global trade melemah, berarti seluruh yang tergantung pada ekspor juga melemah dan juga dalam hal ini muncul apa yang disebut less optimism terhadap capital flow (aliran modal)," jelasnya.

Kondisi tersebut membuat dunia usaha berhitung karena permintaan global terhadap barang menjadi lebih rendah akibat pelemahan ekonomi global.

"Ini pasti akan mempengaruhi apa yang disebut keputusan dari investment, pengusaha itu membuat keputusan base on kalkulasi mikro perusahaan, tapi juga base on environment yang dihadapi," tambahnya.



Simak Video "Pertumbuhan Ekonomi Global Lesu, Apa Langkah Menkeu?"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com