Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 15:54 WIB

Pengamat Nilai Sosok Sri Mulyani Pantas Dipertahankan Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Sri Mulyani Indrawati/Foto: Eduardo Simorangkir Sri Mulyani Indrawati/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Sri Mulyani Indrawati dinilai memiliki segudang prestasi selama menjabat sebagai Menteri Keuangan di periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK). Keandalannya mengatur APBN membawa Sri Mulyani sebagai menteri terbaik (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan itu diberikan oleh lembaga independen Ernst & Young pada 11 Februari 2018.

Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Fajar B. Hirawan menilai sosok Sri Mulyani pantas untuk dipertahankan oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Keuangan di periode 2019-2024.


Jika Presiden Jokowi memutuskan untuk menggantinya, Fajar mengimbau agar pemerintah mencari pengganti yang setara dengan sosok Sri Mulyani.

"Dipertahankan atau diganti dengan sosok yang minimal sama dengan sosok Menteri Keuangan saat ini," kata Fajar saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Sementara itu, peneliti dari INDEF Eko Listyanyo mengatakan posisi Sri Mulyani bisa dipertahankan atau tidak bisa dinilai langsung oleh Presiden Jokowi melalui perkembangan ekonomi Indonesia sampai saat ini.


Asal tahu saja, pertumbuhan ekonomi hingga semester I-2019 tercatat di level 5,06%. Realisasi itu dikarenakan pada kuartal I-2019 sebesar 5,07% dan kuartal II-2019 sebesar 5,05%.

"Kalau Presiden menilai menteri petahana sekarang dapat menjawab tantangan ekonomi lima tahun ke depan maka ya perlu dipertahankan," ujar Eko.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang!

Simak Video "Apresiasi Jokowi untuk Program Detikcom 'Bantu Jokowi Cari Menteri'"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed