Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 17:34 WIB

Ibu Kota Baru Diumumkan 16 Agustus? Moeldoko: Mudah-mudahan Iya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Pindah Ibu Kota Tim Infografis: Nadia Permatasari Foto: Pindah Ibu Kota Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta - Masyarakat masih dibuat penasaran soal di daerah mana pemerintah akan memilih ibu kota baru. Meski pilihan sudah mengerucut di Pulau Kalimantan pemerintah hingga kini belum juga mengumumkan di mana ibu kota baru akan dipilih.

Kabarnya, 16 Agustus nanti Presiden Joko Widodo akan mengumumkan ibu kota baru. Namun, Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko, enggan berkomentar banyak soal kabar tersebut.

"Yaa mudah-mudahan iya (tanggal 16)," ungkap Moeldoko singkat di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (14/8/2019)


Moeldoko mengatakan hingga kini dia dan kementerian lainnya masih belum tahu pasti kapan Jokowi akan umumkan ibu kota baru. Malah katanya, beberapa kementerian masih diminta melakukan analisa lebih dalam soal ibu kota baru.

"Belum tau pasti. Karena kemarin perintahnya kepada para menteri untuk dilakukan analisa yang lebih dalam lagi," kata Moeldoko.


Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemindahan ibu kota dibutuhkan izin dari DPR. Jika mungkin, rencana pemindahan itu disinggung dalam pidato kenegaraan di DPR/MPR 16 Agustus nanti.

"Nggak, mungkin Pak Presiden dalam pidatonya, mungkin, kan harus izin DPR dulu, dan itu harus ada undang-undangnya, jadi nggak semudah itu," katanya di Komisi V DPR RI, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Simak Video "Jokowi Mau Pindahkan Ibu Kota, Duitnya dari Mana?"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed