Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 18 Agu 2019 20:05 WIB

Seperti Apa Kriteria yang Cocok Isi Menteri Koperasi?

Dana Aditiasari - detikFinance
Ilustrasi Foto: Istimewa Ilustrasi Foto: Istimewa
Jakarta - Presiden Jokow Widodo (Jokowi) tengah mencari sosok yang tepat untuk mengisi sejumlah jabatan menteri di kabinet barunya untuk periode 5 tahun ke depan.

Salah satunya adalah menteri koperasi yang punya peran penting mengembangkan koperasi di Indonesia. Seperti apa kriteria sosok yang cocok menduduki jabatan tersebut?

Menurut Ketua Ikatan Alumni Institute Koperasi Indonesia (Ika Ikopin), Adri Istambul Lingga Gayo, sosok tersebut tentu harus menguasai soal ilmu koperasi.

"Tentu yang paling penting, adalah dia harus menguasai soal ilmu koperasi. Bagaimana di bisa menguru kementerian kalau dia tidak memahami ilmunya," tutur dia kepada detikFinace, Minggu (18/8/2019).


Selama ini, lanjut dia, koperasi di Indonesia masih dipandang sebelah mata. Padahal koperasi merupakan badan hukum yang bisa diajak bersaing dengan korporasi besar.

Kriteria selanjutnya, sambung dia, Menteri Koperasi juga harus menguasai perkembangan zaman. Dalam hal ini berkenaan dengan pemanfaatan teknologi informasi digital berbasis internet.

Dengan sentuhan teknologi, koperasi bisa dikembangkan dengan lebih baik untuk bersaing dengan korporasi besar yang bergerak di bidang yang sama.

"Ekonomi berbasis kerakyatan itu ya koperasi, sekarang kita tinggal kawinkan dengan fenomena baru. Apa itu? Ya Digital ekonomi itu," jelas dia.

Realisasinya, sambung dia, bisa dilakukan dengan membuat aplikasi yang bisa mengakomodir kebutuhan akses pasar para anggota koperasi. Misalnya, sambung dia, petani kopi atau petani cokelat bisa memasarkan produknya secara langsung ke konsumen bila memiliki aplikasi untuk telpon pintar.

"Bayangkan bagaimana kita bisa bikin aplikasi, yang bisa membuat platform pasar yang bisa bikin produk koperasi dipasarkan ke semua kota hanya tinggal pencet-pencet (lewat ponsel)," tutur dia.


"Bayangkan, lewat aplikasi itu kita butuh jeruk tinggal pesan, kemudian diantar lewat aplikasi logistik. Konsep kayak gitu kan sederhana tapi nggak tersentuh," tandas dia.

Siap 'Bantu Jokowi Cari Menteri'? Yuk isi surveinya sekarang! Klik di sini.

Simak Video "Selain Jokowi, Para Menteri Jokowi Bakal Dapat Mobil Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com