Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Sep 2019 10:20 WIB

Robot Sophia Akan Hadir di CSIS Global Dialogue

Sudrajat - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Lembaga kajian Centre for Strategic and International Studies (CSIS) akan mendatangkan robot humanoid bernama Sophia. Robot ini bakal hadir dalam seminar internasional bertajuk 'Harnessing Frontier Technologies: Redesigning National, Regional and Global Architecture' pada 16-17 September 2019.

Kepala Departemen Ekonomi CSIS Yose Rizal Damuri mengatakan, pihaknya bakal mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewawancarai robot yang bisa berbicara itu.

"Kita berharap Presiden Jokowi akan bercakap-cakap dengan Sophia," kata dia kepada wartawan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad juga pernah berbincang dengan Sophia dalam acara 'Beyond Paradigm Summit 2019' di Kuala Lumpur, 16 Juli 2019. Tak hanya menjawab pertanyaan Mahathir, robot ini juga bisa balik mengajukan pertanyaan. Sophia juga bisa membuatkan sketsa wajah Perdana Menteri berusia 94 tahun itu.

Pada pertengahan Oktober 2017, Sophia tercatat sebagai robot pertama yang memiliki kewarganegaraan di dunia. Status tersebut diberikan oleh Arab Saudi. Hal itu dilakukan menjelang acara Future Investment Initiative di Riyadh.



Sophia sendiri dikembangkan oleh perusahaan berbasis di Hong Kong, Hanson Robotics. Robot tersebut dirancang untuk memberikan jawaban berbagai pertanyaan.

Terkait seminar yang akan dibuka langsung oleh Jokowi, akan menyoroti hal yang berkembang beberapa tahun terakhir ini, di mana terjadi disrupsi di berbagai aspek kehidupan akibat perkembangan teknologi yang begitu cepat. Juga berbagai inovasi yang menyertainya.

Selain memacu berbagai dampak positif yang berkontribusi pada sumber-sumber pertumbuhan baru, ada banyak potensi buruk yang menyertainya seperti risiko tumbuh ketidaksetaraan dan struktur perubahan produksi ekonomi.

"Lewat seri Dialog Global CSIS ini kita mencoba mempromosikan pemahaman bersama di antara para pemimpin revolusi teknologi cepat yang kita hadapi," kata Rizal.

Sejumlah narasumber dalam acara ini antara lain Richard Baldwin, penulis buku The Globotics Upheaval, Simon Lacey, Wakil Presiden Huawei Teknologi urusan Pemerintahan Global, Luke AD Hutchison, ahli computer, dan Victor Fung.



Jokowi Akan Ngobrol Bareng Robot Sophia


Simak Video "OriHime, Robot Penjelajah Dunia yang Bisa Dikontrol dari Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com