Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 20:00 WIB

Sri Mulyani Bicara Pajak untuk Robot Sophia

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa pengenaan pajak terhadap robot sudah bisa dilakukan. Hal ini menyusul lahirnya Sophia, robot yang sudah berstatus warga negara Arab Saudi pada tahun 2017.

Robot Sophia kini hadir pada acara 2019 CSIS Global Dialogue yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Pengenaan pajak terhadap Sophia karena sudah menjadi warga negara bukan karena robot semata.

"Ketika kalian berbicara soal pajak buat robot, menurut saya itu bisa saja terjadi karena Sophia memiliki warga negara," kata Sri Mulyani, Selasa (17/9/2019).



Bahkan, Sri Mulyani juga bilang bahwa para petugas imigrasi Indonesia wajib memeriksa seluruh berkas seperti pasport Robot Sophia ketika masuk ke Indonesia. Sebab, Sophia sudah menjadi warga negara Arab Saudi.

"Saya bertanya-tanya ketika dia memasuki Indonesia apakah dia memiliki paspor dan petugas imigrasi sudah memproses paspor?," tanya Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengaku menyesal karena tidak bisa bertemu langsung dan berinteraksi dengan Sophia pada saat menghadiri acara seminar internasional bertajuk 'Harnessing Frontier Technologies: Redesigning National, Regional and Global Architecture'.

Meski demikian, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tetap memberikan sambutan kepada Sophia karena sudah menjadi bagian masyarakat di dunia.

"Jadi selamat datang Sophia dan selamat datang di dunia baru," ungkap dia.



Simak Video "Sri Mulyani Lanjut Jadi Menteri Keuangan RI"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com