Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 20 Sep 2019 13:43 WIB

Pak Ridwan Kamil, Kapan Kertajati Diubah Jadi Bandara BJ Habibie?

Hendra Kusuma - detikFinance
Bandara Kertajati. Foto: Hendra Kusuma/detikcom Bandara Kertajati. Foto: Hendra Kusuma/detikcom
Jakarta - Muncul wacana pengubahan nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie. Rencana tersebut diusulkan lantaran Presiden Ke-3 ini sangat berjasa dengan Kota Bandung yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Kepala Dishub Provinsi Jawa Barat, Hery Antasari mengatakan proses pengubahan butuh proses yang cukup lama atau tidak semudah membalikan telapak tangan.

"Perjalanan untuk penggantian nama masih panjang dan perlu proses. Belum urgent saat ini meskipun itu rencana yang baik dan positif untuk Kertajati dan Jabar secara personal opinion beberapa pihak dan kami," kata Hery saat dihubungi detikcom, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Hery mengatakan, pihak Pemprov Jabar sendiri belum melakukan pembicaraan awal dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Sebab sebelum melapor, lanjut Hery, masih banyak proses yang harus dilakukan.

"Saya kira kita perlu mengajak bicara, FGD, dengan banyak pihak terlebih dulu, termasuk stakeholders Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan). Kemudian melakukan kajian dan lain-lain. Setelah itu baru kita komunikasikan dengan DPRD," jelas Hery.


"Garis tebalnya, harus mengajak banyak stakeholders diskusi tentang penggantian tersebut," sambung dia.

Setelah semua proses tersebut rampung, Hery mengungkapkan proposal pengubahan nama Bandara Kertajati menjadi Bandara BJ Habibie pun akan diserahkan langsung oleh Gubernur Jabar yakni Ridwan Kamil.

"Setelah final proses panjangnya, iya. Dari Pemprov, dari Pak Gubernur (Ridwan Kamil)," ungkap dia.



Pak Ridwan Kamil, Kapan Kertajati Diubah Jadi Bandara BJ Habibie?


Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com