Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Sep 2019 12:43 WIB

Bisa untuk Rapat hingga Reuni, KA Istimewa Bertarif Rp 19 Juta

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Mukhlis Dinilah Foto: Mukhlis Dinilah
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan eksklusif yang diberi nama Kereta Api (KA) Istimewa. KA ini telah diluncurkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Pusdiklat KAI, Bandung kemarin.

KA Istimewa ini merupakan Kereta Rel Diesel (KRD) yang terdiri dari 2 rangkaian. Layanan KA Istimewa ditawarkan untuk kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition), seperti rapat kerja, kumpul keluarga atau bahkan untuk sekedar reuni.

Namanya juga layanan istimewa, harganya juga istimewa. KAI menetapkan tarif untuk menyewa KA Istimewa dengan harga Rp 19 juta.


KA Istimewa ini sebelumnya merupakan KA Kedung Sepur yang kemudian dialihfungsikan menjadi kereta inspeksi ke-2. Pada Agustus 2019 lalu, PT KAI merombak interior KRD tersebut menjadi KA Istimewa di Balai Yasa Yogyakarta dan dialihfungsikan sebagai kereta premium (KA Istimewa).

"Ini satu inovasi yang baik dari PT KAI. Kereta ini dulunya secara operasional tidak digunakan. Namun bisa diubah menjadi kereta premium, yang keberangkatannya bisa diatur sesuai kebutuhan penumpang," kata Menhub dilansir dari laman Setkab, Minggu (29/9/2019).


Budi berharap, ke depannya, PT KAI semakin mandiri dan dapat terus melakukan terobosan inovasi baru dalam menciptakan peluang-peluang pembiayaan bagi keberlangsungan usahanya.

"Inovasi dan terobosan seperti yang dilakukan ini, akan sangat membantu pemerintah dalam pengalokasian anggaran (APBN) untuk pembangunan di daerah lainnya yang lebih.


Bisa untuk Rapat hingga Reuni, KA Istimewa Bertarif Rp 19 Juta


Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com