Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 01 Okt 2019 16:35 WIB

Daftar Tarif Jakarta-Bandung Naik Kereta Cepat hingga Bus, Pilih Mana?

Trio Hamdani - detikFinance
Perkiraan wujud Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Dok. KCIC Perkiraan wujud Kereta Cepat Jakarta-Bandung/Foto: Dok. KCIC
Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memperkirakan tarif kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) paling mahal Rp 300.000. Jarak yang ditempuh adalah 142 kilometer (KM). Dibandingkan dengan moda transportasi massal lainnya, kira-kira lebih murah mana?

Dari Jakarta ke Bandung atau sebaliknya ada beragam pilihan moda transportasi, mulai dari bus dan travel, kereta api, hingga pesawat terbang.

Dilihat detikcom di situs Traveloka, Selasa (1/10/2019), tiket bus Jakarta-Bandung dibanderol di kisaran Rp 81.900 hingga Rp 165.750. Pilihannya mulai dari Damri, Sinar Jaya, sampai Primajasa. Berikutnya jika menggunakan travel butuh biaya Rp 70.688 sampai Rp 1.326.000 (luxury class). Pilihannya ada Big Bird, Baraya, hingga Cititrans.

Berikutnya jika menggunakan kereta api butuh biaya Rp 110.000 (Argo Parahyangan Ekonomi), Rp 150.000 (Argo Parahyangan Eksekutif) dan Rp 290.000 (Argo Parahyangan Priority).


Terakhir adalah moda transportasi udara, yaitu pesawat. Dilihat untuk keberangkatan sebulan ke depan yang paling murah adalah Rp 332.200 menggunakan Wings Air. Tiket pesawat sangat dinamis dan bisa naik sewaktu-waktu.

Masing-masing transportasi massal tersebut juga memiliki perbedaan waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung. Kereta cepat diklaim hanya membutuhkan waktu tempuh 36 menit untuk perjalanan langsung dan 46 menit untuk perjalanan tidak langsung.

Waktu tempuh bus dan travel adalah antara 2 jam 30 menit hingga 5 jam tergantung kondisi lalulintas dan terminal yang dipilih. Lalu kereta api 2 jam 50 menit sampai 3 jam 39 menit, dan pesawat 30 menit sampai 1 jam.

Sebagai catatan, tarif moda transportasi di atas belum mempertimbangkan biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk berangkat ke titik keberangkatan. Tentunya biaya tersebut amat tergantung jarak dari lokasi awal ke lokasi keberangkatan.



Daftar Tarif Jakarta-Bandung Naik Kereta Cepat hingga Bus, Pilih Mana?


Simak Video " Kereta Cepat 2021 Beroperasi , Menteri BUMN: Bangun Kota Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com