ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Okt 2019 13:54 WIB

Aturan Permudah Relokasi Pabrik ke RI Dirilis Jelang Jokowi Dilantik

Khairul Ikhwan Damanik - detikFinance
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Muhammad Ridho Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Muhammad Ridho
Medan - Kementerian Perdagangan akan mengeluarkan aturan baru untuk mendukung investasi. Jadi nanti, ada kemudahan bagi investor jika ingin merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyatakan, aturan baru melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) itu sudah selesai digodok. Kemungkinan akan diluncurkan sebelum berakhirnya masa tugas
kabinet Indonesia Bersatu.

"Segera dalam beberapa waktu ini. Karena itu sudah (ada) di dalam keputusan dalam rapat (kabinet) terbatas. Karena saya juga tanya, waktu itu kepada Bapak Presiden, apakah ini sudah menjadi keputusan perintah Bapak kepada saya untuk mengeluarkan.' Iya keluarkan'. Jadi segera," kata pria yang biasa disapa Enggar itu di Medan, Rabu (9/10/2019).


Permendag itu mengatur tentang ketentuan impor barang modal tidak baru. Jadi, jika ada pabrik dari luar negeri yang mau direlokasi ke Indonesia, proses masuknya akan dipermudah.

Syaratnya adalah selama barang yang masuk itu bukan baru.

"Kalau relokasi pabrik, relokasi industri, kan sebagian mesinnya dipreteli dari yang ada. Kalau itu prosesnya sulit, orang mana mau investasi di sini. Suruh beli baru lagi itu mesin, mahal," katanya.

Nah, jika investor yang bersangkutan sudah memiliki izin investasi, yang bersangkutan dapat mengajukan permohonan izin impor barang modal tidak baru.

"Jadi seperti itu, ya harus dipercepat izinnya," kata Enggar.

Disebutkan Enggar, ini merupakan salah satu upaya untuk menarik minat para investor untuk memindahkan pabriknya ke Indonesia, baik karena efek perang dagang maupun aspek lainnya.



Simak Video "Mendag Sampaikan Doa dari 16 Negara Untuk Wiranto"
[Gambas:Video 20detik]
(rul/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com