Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 20:45 WIB

Pembayaran & Logistik Dinilai Jadi Fondasi Tumbuhnya Ekonomi Digital

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Foto: Alfi Kholisdinuka Foto: Alfi Kholisdinuka
Jakarta - Chief Executive Officer DANA Vincent Iswara mengatakan sektor perdagangan elektronik atau e-commerce menjadi salah satu motor utama penggerak ekonomi digital lndonesia saat ini. Sektor ini digadang-gadang mampu menjadi pilar utama menguatnya perekonomian nasional ke depan, sehingga dapat mendorong ekonomi pelaku usaha kecil di Indonesia.

"Prakiraan nilai transaksinya itu sebesar US$ 4,45 triliun pada 2021. Namun, dunia e-commerce sendiri saat ini masih harus menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya, alat pembayaran untuk mendukung transaksi di platform-platform e-commerce mayoritas masih berbasis layanan perbankan," ujarnya saat media gathering di Capital Place, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

"Ini menjadi tantangan tersendiri jika melihat fakta masih banyaknya jumlah masyarakat Indonesia yang belum memiliki akses ke layanan perbankan. Tantangan lainnya adalah logistik sehubungan dengan kondisi geografis Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan," imbuhnya.


Untuk itu, sebagai salah satu infrastruktur transaksi digital Indonesia, kata Vincent, DANA hadir menjadi salah satu solusi yang berperan dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan ini, termasuk membantu masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan menjadi bankable.

"Dengan kolaborasi yang dilakukan dengan perusahaan penyedia jasa layanan logistik JNE, DANA dapat menjadi pilihan solusi yang efektif bagi pelaku ekonomi digital dari berbagai skala dan segmentasi dalam menjawab tantangan ini," katanya.

Berdasarkan data Kemkominfo terakhir, dari sejumlah 58 juta UMKM di Indonesia, ada sekitar 14% di antaranya yang telah bergabung dengan e-commerce. Vincent berharap dengan kolaborasi tersebut dapat mendorong banyak UMKM di Indonesia yang go digital yang mampu melayani pelanggan dari wilayah yang tidak terbatas letak geografis.

"Transaksi pembayaran jasa layanan JNE dengan dompet digital DANA dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Pelanggan JNE yang memanfaatkan dompet digital DANA akan menerima notifikasi untuk melakukan pembayaran atas jasa ekspedisi yang diterimanya. Pelanggan dapat memilih membayar dengan saldo DANA, atau Kartu Debit dan Kartu Kredit yang tersimpan pada dompet digital DANA," jelasnya.


"Dengan adanya fitur Card Binding (penyimpanan kartu) pengguna bisa menyimpan Kartu Debit dan Kartu Kredit yang telah terverifikasi oleh bank penerbit pada dompet digitalnya. Jika Saldo DANA tidak mencukupi atau bahkan nol rupiah, pengguna tidak perlu khawatir karena dapat memanfaatkan sumber dana lain seperti Kartu Debit dan Kartu Kredit yang telah tersimpan pada aplikasi dompet digital DANA," tandasnya.

Simak Video "Kominfo Siapkan Regulasi Jasa Pengiriman Belanja Online"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com